Rotating X-Steel Pointer

Friday, June 7, 2013

Cara Perawatan Sepeda Motor Injeksi Anda [TIPS]

Pada tahun ini semua Pabrikan sepeda motor berlomba-lomba untuk mengeluarkan produk motor terbarunya dengan mesin injeksi atau tanpa karburator, mesin injeksi pertama dikeluarkan oleh motor jenis sport YAMAHA V-ixion sekitar tahun 2007.  Berjalan waktu dari tahun ke tahun mesin injeksi di terapkan juga baik di motor bebek ataupun di jenis Matic.


Jenis sepeda motor di masa yang akan datang mengarah ke teknologi injeksi atau tanpa karburator.  Sampai saat ini masing-masing Pabrikan sepeda motor yang berada di Indonesia sudah mulai meluncurkan berbagai model motor jenis Injeksi mulai dari Sport, Bebek, Matik.  Bahkan ada pabrikan sepeda motor yang menargetkan sampai tahum 2014 seluruh motor terbaru yang akan diluncurkan sudah mengusung era teknologi injeksi tanpa karburator.

Bagi yang sudah mempunyai motor jenis Injeksi pasti ingin motornya terutama motor matic injeksinya selalu dalam kondisi prima.  Oleh karena itu saya akan memberikan beberapa TIPS Cara Merawat Motor Matik Injeksi Anda.



  1. Ada hal yang harus selalu dilakukan seperti sebelum rekan-rekan sekalian pergi menggunakan motor matik injeksi, sebaiknya kita memanaskan mesinnya terlebih dahulu dengan cara menghidupkan mesin sekitar 1 sampai 5 menit.  Hal ini dilakukan agar pembakaran motor matik injeksi kita akan menjadi lebih sempurna.
  2. Pada waktu mengendarai motor matik injeksi, sebaiknya anda tidak menggebernya terlalu cepat atau melajukan dengan cara melepas selongsongan gas dengan cepat atau lambat.  Ini biasanya akan memperpendek usia mesin motor matik Injeksi Anda.
  3. Rajinlah mengganti Oli Transmisi matik secara rutin. Karena dengan demikian dapat memberikan solusi pada mesin ataupun komponen-komponen lainnya.  Dan diusahakan mengganti oli Transmisi secara teratur setiap 5.000 Km & Oli Mesin Setiap 1.000 Km.
  4. Diwajibkan untuk selalu memeriksa kondisi Busi serta Aki.  Sebab kedua komponen ini merupakan hal yang sangat penting.  Apabila sudah rusak maka ganti dengan yang baru dan harus Original jika mau awet seperti bawaan pabrik.
  5. Ini yang tidak kalah pentingnya, Anda harus selalu memeriksa kondisi V-Belt dan Roller Secara Teratur.  Kerena jika tidak, Anda akan merasa tidak Nyaman saat berkendara.  Kalau sudah rusak sebaiknya langsung cepat diganti dengan yang baru dan orisinil.  Usahkan jangan yang KW karena ketahanannya tidak dapat dijamin.
  6. Hal terakhir yang tidak kalah pentingnya yakni, Anda harus selalu mengecek tangki bensin.  Pastikan tangki bensin tidak pernah kosong, karena motor Injeksi dianjurkan agar tidak mengisi bensin dalam keadaan tangki kosong.  Kalau kosong kotoran pada tangki bensin akan mudah terserap dan akan menggangu kerja mesin sehingga akan menyebabkan masalah pada sepeda motor anda.
Demikian Informasi dari saya, Semoga banyak membantu Anda....

No comments :

Post a Comment